TOP NEWS

Blog ini berisikan artikel, movie, Reality Show dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang mebutuhkan bacaan ringan bisa menikmati isi blog ini.

Tuesday, September 11, 2012

Dasar-Dasar sistem Komputer

Apa kabar teman-teman...???
udah lma gak posting di blog, sekarang saya akan posting makalah lagi. semoga makalah ini bisa sedikit membantu tugas kalian. makalah yang saya posting ini berkaitan dengan komputer. jadi jika anda ingin mengetahui apa itu komputer dan seluk beluknya kalian wajib untuk membaca makalah ini.



KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
Untaian rasa syukur Alhamdulillah patut penulis hanturkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat-Nya dan kemudahan dalam menyelesaikan penulisan karya tulis berupa makalah yang berjudul “Dasar Sistem Komputer” .Segala kesulitan dan rintangan telah penulis lalui dengan bantuan-Nya.
Pada kesempatan ini, kami sebagai penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  atas  terselesaikanya karya tulis ini,antara lain:
1.      Tuhan Yang Maha Esa Atas jalan yang telah diberikan kepada penulis.
2.      Ayah dan Bunda yang senantiasa memberikan  dukungan dan motivasi baik dalam bentuk moril maupun materiil kepada penulis.
3.      Dosen yang telah memberikan ilmunya kepada penulis,sehingga dapat menyelesaikan tugas ini.
4.   Teman-teman yang telah mencurahkan perhatian kepada penulis.
Dalam makalah ini, kami akan uraikan dan jelaskan tentang Dasar sistem Komputer. Ada pepatah mengatakan bahwa”Tiada Gading Yang Tak Retak” maka dari itu, penulis memohon kritik serta saran  dari para pembaca, agar kedepannya karya tulis ini dapat mendekati kesempurnaan dan tidak terdapat kesalahan lagi.
Semoga Makalah ini bermanfaat bagi kita semua, amin.
             Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Tarakan,  September  2012


                       FITRI


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan Kampus, Sekolah, Kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu saya mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi saya pribadi. Banyak sekali pembahasan tentang komputer, Khususnya dalam ruang lingkup Pendidikan tapi saya coba menulis makalah dengan judul “Dasar Sistem Komputer” yang dijelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika saya membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak. Makalah ini saya susun sangat simpel agar para pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya, saya selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat dan menyimpang, karena saya masih dalam proses belajar.

B.     Rumusan Masalah
Adapun Rumusan Masalah dari Makalah ini sebagai Berikut:
1.      Apa Pengertian Komputer?
2.      Bagaimana Sejarah Perkembangan Komputer?
3.      Jelaskan klasifikasi komputer?
4.      Jelaskan apa itu  sistem Komputer?
5.      Sebutkan dan jelaskan macam-macam hardware?
6.      Apa saja Media Penyimpanan Data?
7.      Apa saja Media Keluaran?

C.     Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka adapun tujuan dari makalah ini sebagai berikut:
1.      Agar pembaca dapat mengetahui pengertian komputer.
2.      Agar pembaca mengetahui proses dan sejarah perkembangan komputer.
3.      Agar pembaca dapat mengetahui dan mengetahui klasifikasi komputer.
4.      Agar pembaca mengetahui sistem komputer.
5.      Agar pembaca dapat menjelaskan macam-macam hardware.
6.      Agar pembaca mengetahui media penyimpanan data.
7.      Agar pembaca mengetahui media Keluaran.

D.     Manfaat
Adapun Manfaat dari makalah ini adalah agar para pembaca mengetahui apa itu komputer dan bagaimana proses perkembangan komputer . selain itu pembaca juga akan lebih mengetahui sistem komputer dan medianya.









BAB II
PEMBAHASAN
1.    Pengertian Komputer
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagian itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya.
Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program (Hardware & Software) dan manusia(Brainware).
Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

2.    Sejarah Perkembangan Komputer
Pada abad ke-20 dimulailah babak baru dalam dunia komputer (yang semula hanya alat hitung), telah berubah menjadi alat yang super komplit dengan berbagai perkembangan yang terus dilakukan. Bahkan pada akhirnya mungkin komputer dapat menggantikan para pekerja di pabrik, perkebunan bahkan mungkin pembantu rumah tangga.
Babak baru dunia komputer mulai tahun 1940-an sampai sekarang dapat dibagi menjadi 5 babak. Semula komputer pada tahun 1940-an merupakan salah satu persaingan teknologi antara sekutu Amerika Serikat dan Jerman. Untuk memenuhi ambisi mereka dalam saling mengalahkan dalam pertempuran, teknologi menjadi salah satu faktor penentunya. Babak perkembangan komputer akan kita bahas sebagai berikut :
1)      Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Contoh komputer generasi pertama atau generasi dinosaurus komputer ini adalah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

2)      Komputer Generasi Kedua
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Walaupun ukurannya berkurang drastis, tapi komputer pada generasi ke dua ini masih berukuran raksasa. Setidaknya masih seukuran dengan almari pakaian kita sekarang ini. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3)      Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen- komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Pada masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil, atau komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3.1. yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos.


4)      Komputer Generasi Keempat
Kalau pada masa generasi ke empat ini komputer sudah nggak aneh lagi kita bayangkan. Komputer pada masa ini adalah komputer yang kita lihat sekarang dengan berbagai keunikan dan kecanggihan.
Komputer generasi ke empat ini menggunakan microprocessor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat. Untuk intel mulai dari intel i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core. Kesemuanya ini berkembang sesuai irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi.

5)      Komputer Generasi Kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.


3.    Klasifikasi Komputer
Klasifikasi komputer berdasarkan 3 hal:
1)      Data yang Diolah
a.        Komputer Analog
Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinue dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Output dari komputer analog umumnya untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Komputer analog ini memiliki keuntungan dan kerugian yaitu:
1.      Keuntungan
Mampu menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu,sehingga proses lebih cepat dibandingkan komputer digital.
2.      Kerugian
Faktor ketepatan, komputer digital lebih tepat dibandingkan komputer analog.
 Contoh komputer analog antara lain: komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik, pengontrolan pada pabrik kimia,pembangkit tenaga listrik dan penyulingan minyak.

b.        Komputer Digital
Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter­karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara dsan digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik.adapun keuntungan dari komputer digital ini antara lain:
·         Memproses data lebih cepat
·         Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan dalam proses
·         Dapat melakukan operasi logika
·         Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
·         Output dapat berupa angka, huruf, grafik, dan gambar.
Contohnya komputer PC dll.

c.         Komputer Hybrid
Merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Digunakan dalam situasi dimana pengolahan data dalam digital komputer (ketepatannya) akan menghasilkan data dalam bentuk analog seperti yang dikehendaki (kecepatannya).Contohnya: Facsimile.

2)      Penggunaannya
Berdasarkan pengunaannya komputer dibedakan menjadi 2 yaitu :
a)        Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus yg biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan mumnya komputer analog adalah special purpose computer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses  industri seperti pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta untuk tujuan militer.
b)        Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan program-program yang bermacam-macam pula. Dibandingkan dengan special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah. Dipakai untuk berbagai keperluan, untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan, dsb. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer digital adalah general purpose computer.

3)      Kapasitas dan ukurannya
Berdasarkan kapasitas dan ukurannya komputer dibedakan menjadi 6 yaitu :
1.        Komputer Mikro (Micro Computer)
Ukuran komputer mikro adalah sebagai berikut ;
main memory : berkisar 16MB sampai lebih dari 128 MB
konfigurasi operand register : 8 bit, 16 bit atau 32 bit
kecepatan : 200 Mhz sampai dengan 500 Mhz
komputer mikro umumnya single user (pemakai tunggal), yaitu satu komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap saat.
Ruangan yang dibutuhkan kecil, komputer mikro dapat diletakkan di atas meja (desktop computer) dan dapat juga menyerupai sebuah buku catatan (notebook computer).
2.        Komputer Mini (Mini Computer)
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.
Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400.
Kapasitas prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan. Oleh karena itu komputer jenis ini hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.
Versi lebih kecil dari mainframe dengan lebih sedikit perlengkapan, biasanya hanya digunakan untuk satu tugas spesifik. Dikembangkan dengan sistem modul sehingga mudah diganti komponen-komponennya. Hal ini merupakan bentuk dasar dari desktop computer.
3.        Komputer Kecil(Small Computer)
Komputer kecil dissebut juga small-scale mainframe computer. Komputer kecil sekarang kebanyakan menggunakan sistem multi-programming, multiprocessing dan virtual storage, serta bersifat multi-user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah. Perusahaan yang memproduksi komputer mini diantaranya adalah ; IBM, Wang Laboratories, dan NCR.
4.        Komputer Menengah(Medium Computer)
Komputer mengah disebut juga medium-scale mainframe computer. Komputer menengah dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output.
Biasanya komputer menengah digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan komputer menengah dan terminal-terminal dapat menggunakan komputer mikro atau komputer mini untuk penerapan konsep distribusi data processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.
5.        Komputer Besar(Large Computer)
Komputer besar disebut juga mainframe computer atau large-scale mainframe computer karena bentuk phisiknya besar seperti lemari. Komputer maninframe mempunyai kecepatan samapai 400 MIPS. Komputer jenis ini digunakan perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang dan tiap kantor cabang mempunyai terminal yang dihubungkan dengan pusat komputernya. Karena kecepatan dan besarnya memori komputer ini, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time-sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan.
6.        Komputer Super(Super Computer)
Super Komputer disebut juga dengan nama parallel processor , karena super komputer adalah mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel.Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang san yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.
Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari sateli, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika Ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super Komputer dari amerika.
4.    Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah sistem yang dibangun dan dijalankan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantunya. Elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan pengolahan data untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan perangkat komputer. Elemen-elemen yang saling berhubungan tersebut adalah:
1)      Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya. Terdapat beberapa komponen dasar komputer yang wajib dimiliki agar beroprasi dengan baik.
perangkat keras yang wajib dimiliki antara lain: Monitor, Keyboard, Motherboard, Memory, Harddisk dll.
2)      Perangkat Lunak (Software)
Software atau perangkat lunak adalah program komputer yang berisi instruksi-instruksi untuk melakukan operasi tertentu pada komputer. Instruksi-instruksi dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman mulai yang bahasa tingkat rendah hingga tinggi. Yang termasuk software ini adalah Sistem Operasi (Operating System) dan program-program aplikasi yang digunakan dalam komputer. Biasanya program dasar dari komputer disimpan dalam memori (ROM dan RAM) sedangkan Sistem Operasi dan program aplikasi disimpan pada hardisk. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu; 
·         Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
·         Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll. Program utility barfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintaah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah di hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
·         Program Aplikasi, seperti GL,MYOB,Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
·         Program Paket, seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
·         Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic dll. Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. 

3)      User (Brainware)
User atau  Manusia adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam menggunakan atau mengoperasikan komputer, seperti System analis, programmer, operator, user dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronick Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP. 

Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya

5.    Macam-macam Hardware
Hardware adalah suatu perangkat yang merupakan bagian dari komputer yang bersifat nyata. Hardware bisa diandaikan seperti tubuh manusia, dan software (perangkat lunak ), dapat diandaikan seperti energi yang membuat kita hidup.  jika manusia tanpa roh maka ia tak kan bisa melakukan apa-apa, sama halnya dengan komputer tanpa software.
berikut merupakan hardware  :
1)      Processor
Nama lain processor yaitu CPU (Central Processing Unit), merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer. Hal yang perlu dilakukan CPU adalah sebagai berikut :
·         Membaca, mengodekan dan mengeksekusi instruksi program.
·         Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output.
·         Merespons interupsi dari luar, serta menyediakan clock dan sinyal kontrol kepada sistem.
Beberapa merk processor antara lain yaitu Athlon II X3 455Phenom II X4 955 black editionPentium Dual-Core E6800, dan Core i7-950.


2)      Random Access Memory ( Ddr Sdram)
RAM merupakan tempat penyimpanan sementara pada komputer. Isi dari RAM adalah berupa informasi selama komputer diaktifkan. RAM bersifat volatile, ( apabila listrik mati maka informasi yang tersimpan didalamnya akan hilang). Isi data / informasi pada RAM berubah-ubah tergantung dengan pemakaian.
Beberapa merk RAM antara lain yaitu Synchronous Dynamic Random Access Memory (disingkat menjadi SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan menjadi kecepatan 100 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4dan AMD Athlon/Duron). Popularitasnya menurun saat DDR-SDRAM yang mampu mentransfer data dua kali lipat SDRAM muncul di pasaran dengan chipset yang stabil. Setelah itu, akibat produksinya yang semakin dikurangi, harganya pun melonjak tinggi, dengan permintaan pasar yang masih banyak; dengan kapasitas yang sama dengan DDR-SDRAM, harganya berbeda kira-kira Rp150.000 hingga Rp250.000.

3)      Vga
VGA card merupakan perangkat yang digunakan untuk mengatur tampilan grafis pada monitor. VGA memiliki kapasitas memori tersendiri yang akan berpengaruh pada tampilan. Semakin besar kapasitas memori maka tampilan gambar akan semakin bagus, begitu juga sebalaiknya.
Beberapa merk VGA yaitu SAPPHIRE RADEON HD 6970NVIDIA GEFORCE 9500 GTLEADTEK GEFORCE GT 430, dan AMD RADEON HD 6850.

4)      Flash Disk
Flashdisk merupakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas tertentu dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB sampai 16 GB. Flash disk bekerja pada sistem oprasi Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Mac OS, Linux, dll.
Beberapa merk Flashdiks antara lain yaitu KingstoneAdataHP,dan MiVo.

5)      Cd-Rom
CD-ROM merupakan media penyimpanan yang dapat menangani lebih banyak data daripada disket. CD memiliki kapasitas penyimpanan sampai 700 MB, beberapa merk CD-ROM yang saya ketahui yaitu, SamsungIndexPhilips, dan L-G.

6)      Plotter
Plotter merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering digunakan untuk membuata peta, ilustrasi tga dimensi, dan gambar-gambar arsitektur. Beberapa merk plotter yang saya ketahui yaitu, CanonHPEpson, dan Compaq.

7)      Printer Laser Jet
Laserjet merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan gambar,dan doc yang akan dicetak. Kecepatan laserjet saat printing sangat cepat, namun sayang sekali laserjet tidak bisa menghasilkan warna selain hitam. Beberapa merk laserjet yang saya ketahui yaitu, HPCanonEpson, dan Axio.
8)      Power Supply
Power supply berfungsi sebagai pemberi sumber daya listrik kesegala komponen yang terdapat dalam motherboard, hardisk, CD-ROM, dan floppy disk. Power supply akan mengatur arus listrik dan membagi sumber daya ke setiap komponen. Beberapa merk power supply yang saya ketahui yaitu TecgoSagaAftersales, dan Enermax.

9)      Sound Card
Sound card berfungsi untuk memproses suara masuk maupun keluar dari komputer. Soun card biasanya langsung terpasang pada mainboard. Namun, apabila mainboard belum terdapat fasilitas ini maka kita perlu menambahkan sound card pada slot eksternal yang terdapat pada mainboard. Beberapa merk Sound Card yang saya ketahui yaitu, LasiaCreativeAudigy, dan Blaster Titanium

6.    Media Penyimpanan Data
Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Media penyimpan data (data storage) adalah sebuah kemampuan dari sebuah benda yang memungkinkan data tersimpan dalam jumlah besar. Seiring dengan perkembangan dan penelitian para ilmuan-ilmuan dunia mencoba untuk membentuk sebuah media penyimpanan data yang efisien. Dalam artian memiliki ruang penyimpanan yang besar tapi ukuran dengan ukuran yang kecil. Adapun macam-macam media Penyimpanan yaitu:
1.         Media Penyimpanan Magnetik
Media magnetic merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada system computer modern.
Contoh media penyimpanan magnetik antara lain:
a.      FLOOPY DISK
Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD).
Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.
b.      ZIP drive
ZIP drive berasal dari lomega. ZIP drive berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus, yang mapu menampung sampai 100MB data. Dengan kapasitas sebesar ini, dapat memungkinkan orang menyimpan file grafik dan mutimedia.
c.       Hardisk
Sebagaimana disket, hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster. Sistem operasi komputer mencatat sektor berdasarkan cluster-nya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada setiap cluster dan mencatat alamat file di hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT, Virtual File Allocation Table). VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan mengetahui alamat file sesuai cluster yang digunakan. Oleh sebab itu, VFAT berisi setiap nilai pada setiap cluster yang menjelaskan lokasi disk tempat cluster berada. Terkadang sistem operasi menganggap sebuah cluster sebagai cluster yang sedang dipakai, meskipun pada saat itu cluster tersebut tidak berisi file apapun. Hal ini dinamakan lost cluster, dan pengguna dapat membebaskan cluster tersebut (yang berarti dapat menambah ruang hardisk) dengan memakai utilitas ScanDisk di Windows.
                                                        i.            Hardisk Nonremovable (Hardisk Internal)
Hardisk nonremovable internal adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar file data. Hardisk jenis ini terdiri dari beberapa piringan logam atau kaca (glass) berdiameter 1 sampai 5,25 inci (umumnya 3,5 inci), tersusun dalam bentuk kumparan dan berisi data pada kedua sisi piringannya. Head baca/tulis yang terletak di setiap sisi piringan, diatur oleh lengan penggerak yang bergerak maju mundur untuk mencari lokasi yang tepat pada piringan. Seluruh komponen ini terlindung dalam pembungkus anti-udara sehingga bisa terbebas dari kotoran-kotoran semacam debu.
Kapasitas hardisk nonremovable bervariasi antara 40 sampai 300 gigabyte. Bahkan ada pula hardisk yang sudah mencapai satuan terabyte yang setara dengan ribuan gigabyte. Satu gigabyte kira-kira setara dengan tulisan sepanjang 20.000 halaman, sedangkan file video dan suara biasanya berukuran 10 megabyte atau lebih.
Putaran piringan hardisk jauh lebih cepat dibandingkan disket, sehingga data/program pada hardisk dapat diakses lebih cepat. Kecepatan hardisk dinyatakan dengan satuan revolusi per detik (rpm) yang berkisar antara 5.400 sampai 7.200 rpm. Kecepatan putaran disket hanya 360 rpm, sedangkan hard drive sebesar 7.200 rpm (kira-kira setara dengan kecepatan 300 mil per jam).

                                                      ii.            Hard Drive Portabel (Hardisk Eksternal dan Removable)
Terdapat dua jenis hardisk portabel, antara lain :
·         Hardisk Eksternal, Hardisk eksternal adalah hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap berpembungkus anti udara. Melalui kabel, hardisk dihubungkan ke unit sistem komputer ke port FireWire, USB atau port lain. Kapasitas minimalnya 250 gigabyte.
·         Hardisk Removable, Hardisk removable atau hard-drive catridge terdiri dari satu atau dua piringan dilengkapi head baca/tulisnya, terlindung dalam pembungkus kaku serta dapat dimasukkan ke drive catridge pada unit sistem mikrokomputer. Catridge, dengan kapasitas 80 gigabyte atau lebih, biasanya dipakai untuk mem-backup dan memindahkan file-file data berukuran besar, misalnya file spreadsheet.

2.         Media Penyimpanan Optik
Media Penyimpanan data optik adalah tempat penyimpanan maupun pembacaan data yang dilakukan oleh laser terhadap piringan optik. Cara kerja sebuah media penyimpanan yang menggunakan teknologi optik berbeda dengan magnetik. Jika dengan teknologi magnetik memanfaatkan medan magnet, maka pada teknologi optik memanfaatkan sinar laser. Sinar laser digunakan baik untuk membaca maupun untuk menuliskan data.
Pada saat membaaca, sinar laser akan memantulkan  cahhaya dari permukaan CD. Namun jika akan menghapus data sinar yang diberikan memiliki temperatur yang berbeda dengan sinar yang digunakan untuk membaca, begitu pula ketika sinar laser tersebut jika digunakan untuk menulis juga berbeda dengan yang digunakan untuk membaca dan menghapus. Apa yang  dibaca dalam sebuah CD yang memiliki permukaan yang datar? Sebenarnya dibalik permukaannya yang datar, terdapat tonjolan-tonjolan yang sangat kecil (dalam micron), dibalik permukaan inilah data tersimpan.
Contoh media penyimpanan optik antara lain:

·         CD
CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit. Macam-macam CD:
o   CD-ROM
CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.
o   CD-R
CD-R (CD Recodable) merupakan jenis cd yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.

o   CD-RW
CD-Rw (CD Writetable) merupakan jenis cd yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.
Perbedaan antara (CD-R dan CD-Rw) keduanya terletak pada lapisan aluminium yang digunakan. Meskipun keduanya menggunakan lapisan aluminium organik, namun campurannya agak berbeda. Sehingga jika terkena laser dengan temperattur untuk menghapus, maka lapisan tersebut akan terkristalisasikan kembali. Sedangkan jika terkena sinar dengan temperatur untuk menulis, maka ia tidak akan terkristalisasikan. Campuran yang lebih kompleks inilah yang menyebabkan CD-Rw lebih mahal dibandingkan CD-R.
·         DVD (Digital VersatileDisc)
DVD (Digital VersatileDisc)Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB).
DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali.
Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan.
DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu : DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc.

·         Blue Ray
Berbeda dengan teknologi magnetik yang terkesan bergerak lamban, teknologi optik memang terlihat lebih cepat. Meskipun saat ini keberadaan DVD belum umum digunakan sebagai media penyimpanan data, namun perkembangan teknologi optik terus berjalan cepat. Salah satu momen yang menandakan kemajuannya adalah dengan diperkenalkannya Blue Ray Disc setahun belakangan ini.
Berbeda dengan dua perangkat optik sebelumnya menggunakan laser merah, Blue Ray sesuai dengan namanya yang diambil dari kata Blue yang berarti biru adalah menggunakan sinar laser biru. Data yang tersimpan dalam kepingan Blue Ray dapat mencapai 5 GB. Sedangkan yang dual layernya dapat mencapai 10 GB.
Blue Ray masih dalam proses pemantapan. Oleh sebab iru, belum dipasarkan secara umum. Lagipula saat ini masyarakat awam belum membutuhkan ruang sebesar itu untuk keperluan datanya. Oleh sebab itu untuk target awal, pemasaran Blue Ray lebih menitikberatkan pada perusahaan sebagai media back-up, seperti layaknya tape.

7.    Media Keluaran (Output Device)
Output Device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari cpu kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output  device yang dimiliki komputer  dimiliki oleh komputer dapat digolongkan dalam 4 bentuk.yaitu: Tulisan,image (gambar), suara, dan bentuk yang dapat dibaca oleh mesin. Sedangkan alat output komputer diantaranya: Monitor (screen/ Display), Printer (dot Matrix, Inkjet, laser dll), Plotter, Speaker, Disk Drive.
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa :
·         Hardcopy Device
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
·         Softcopy Device
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat panel, dan speaker.
·         Drive Device (Driver)
  Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input menggunakan media magnetic disk misalnya adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.


BAB III
Penutup
A.  Kesimpulan
        Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan.Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory. Jika tidak ada elemen tersebut maka komputer tidak akan bisa berjalan atau digunakan.
B.   Saran
Diharapkan setelah membaca makalah ini, pembeca akan mengetahui apa itu komputer, sejarah komputer dan komponen yang menunjang terbentuknya sebuah komputer. Dengan mempelajari komputer dan bagian-bagiannya akan mempermudah dalam pelakasanaannya mengakses komputer secara cepat dan tepat guna.Kita harus mempelajari perkembangan teknologi yang ada seperti komputer agar kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.


Daftar Pustaka


Dipert.Brian.2008.”Solid-State Drives Chakkenge Hard Disk”.




0 comments: