Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2013

Efektivitas Pengajaran Berbasis Modul Dalam Pembelajaran Konvensional

      Dalam kegiatan belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan seperti yang diharapkan. Salah satu strategi belajar mengajar efektif dan efisien adalah melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar efektif dan efisien dengan melibatkan langsung siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif yaitu dengan menggunakan pengajaran berbasis modul dalam setiap pelajaran berlangsung. Dengan demikian siswa akan menemukan konsep yang dipelajari.      Pengajaran modul adalah pengajaran yang sebagian atau seluruhnya didasarkan atas modul. Pengajar yang mengutamakan metode konvensional, kemungkinan memanfaatkan juga modul dalam pengajarannya. Jadi, modul merupakan salah satu alternatif jawaban yang dianggap tepat oleh para ahli dalam menanggapi dan memecahkan masalah pendidikan dan pengajaran yang sangat kompleks dewasa ini. modul dapat dirumuskan

Guru Inspiratif sebagai Agen Pembelajar

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Pendidik yang pertama adalah orang tua sendiri. Ia bertanggung jawab penuh atas perkembangan kemajuan anaknya. Namun, karena kesibukan orang tua semakin banyak , anaknya diserahkan kepada lembaga sekolah. Disekolah guru merupakan pendidik yang memiliki tugas dan tanggung jawab penuh terhadap perkembangaan anak didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi afektif, kognitif, maupun psikomotoriknya. Minusnya kreativitas guru, sudah bukan rahasia umum lagi. Guru sering kali menjadi sumber kejenuhan siswa didiknya karena cara pengajarannya yang monoton, tanpa kreasi, inspirasi apalagi inovasi. Padahal, guru adalah segalanya bagi siswa untuk ditiru, digugu dan diterjemahkan dalam kehidupan siswa didiknya. Jika guru sendiri sudah tidak kreatif, maka dapat diprediksi bagaimana corak peserta didiknya. Sebagaimana kata Simonton dalam Genius, Creativity and Leadership , yang mengatakan demik